20 Tradisi unik merayakan Tahun Baru di berbagai negara


tradisi unik merayakan Tahun Baru
tradisi unik merayakan Tahun Baru

Tradisi merayakan tahun baru dengan pesta kembang api adalah hal biasa dan sudah banyak dilakukan. Bagaimana jika merayakan Tahun Baru dengan melemparkan piring pecah di depan rumah atau melakukan ciuman massal? Ya, di beberapa negara, tradisi merayakan pergantian tahun baru dilakukan dengan berbagai cara unik.

Setiap negara punya kebudayaan yang berbeda-beda, sehingga mereka memiliki cara dan tradisi yang berbeda pula dalam merayakan tahun baru. Tradisi unik ini hampir tak terbayangkan sebelumnya. Tapi begitulah tradisi mereka. Merayakan momen pergantian tahun selalu dimaknai sebagai peristiwa penting budaya. Selalu ada ritual atau tradisi perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun yang baru ini.

Berikut ini 20 tradisi merayakan Tahun Baru yang unik di berbagai negara:

Koin emas dalam kue (Yunani)

Di Yunani perayaan tahun baru bertepatan dengan Festival St. Basil, salah satu pendiri gereja Yunani ortodoks. Pada hari ini orang Yunani menyiapkan hidangan khusus yang diberinama Vassilopiita atau kue St. Basil.

Dalam kue ini dimasukkan sekeping koin emas. Siapapun yang mendapat potongan kue dengan koin di dalamnya akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru.

Menulis surat untuk orang tua (Belgia)

Tahun baru juga disebut Sint Sylvester Vooranvond di Belgium, yaitu saat anak-anak menulis surat bagi orang tua mereka sebagai bagian dari tradisi turun temurun.

Festival Songkran (Thailand)

Festival tahun baru Songkran dirayakan tiga hari di Thailand. Songkran bisa dibilang sebagai festival paling penting bagi masyarakat Thailand. Festival ini diselenggarakan untuk merayakan tahun baru tradisional Thailand yang jatuh pada bulan April setiap tahunnya. Dalam perayaan Songkran, penduduk Thailand saling menciprat, menyemprot, dan menyiram air kepada siapapun yang turun ke jalan.

Melemparkan furnitur (Afrika Selatan)

Melemparkan furnitur yang sudah usan di malam tahun baru sudah menjadi tradisi orang Johannesburg, Afrika Selatan.

Makan kacang tengah malam di Argentina

Orang Argentina memakan kacang-kacangan sebelum tengah malam untuk mendapatkan keberuntungan dalam karir mereka.

Melelehkan timah (Finlandia)

Di Finlandia, tradisi tahun baru dilakukan dengan melelehkan lempengan timah, dipercaya bahwa yang dilelehkan adalah ramalan tahun berikutnya, jika timah berbentuk cincin maka ada perkawinan, bila nampak seperti kapal maka akan ada perjalanan, dan banyak simbol-simbol lainnya.

Melemparkan gelas dan piring (Denmark)

Orang-orang Denmark menandai tahun yang baru dengan melemparkan gelas dan piring bekas ke pintu rumah kerabat dan famili. Sebagai ritual tahun baru, mereka naik di atas kursi, kemudian melompat bersama-sama. Dengan cara ini, mereka ‘melompat’ meninggalkan keburukan di tahun sebelumnya ke tahun baru yang lebih beruntung.

Ciuman massal (Venesia)

Ciuman massal di St Mark’s Square adalah tradisi lama di kota Venesia. Venesia memang terkenal sebagai kota paling romantis di Dunia, Sudah lama kota ini menjadi tujuan utama berlibur berdua atau tempat untuk berbulan madu.

Bagi Anda yang suda pernah kesan pastinya Anda sudah meliat Jembtn Desah. Jembatan ini merupakan salah satu tempat paling romantis di Venesia. Menurut mitos yang dipercaya, jika Anda menaiki gondola dan mengarungi sungai di Venezuela kemudian Anda berciuman di bawah Jembatan Desah maka cinta Anda akan abadi.

Membakar foto (Ekuador)

Foto menjadi kenangan nyata dalam kehidupan seseorang. Masyarakat Ekuador, biasa merayakan malam Tahun Baru dengan membakar foto-foto dengan kenangan buruk di tahun sebelumnya. Untuk membakar foto-foto tersebut, mereka dan wisatawan akan berkumpul dalam satu tempat. Jadilah malam Tahun Baru di Ekuador, diterangi dengan nyala api yang juga menghilangkan jejak kelam di tahun lalu.

Membunyikan lonceng (Jepang)

Di Jepang, perayaan tahun baru dilakukan dengan berpesta bersama keluarga dengan melihat festival kembang api, dan lonceng-lonceng di kuil-kuil Budha di Jepang akan dibunyikan sebanyak 108 kali sepanjang malam hingga pergantian tahun. Setiap dentang lonceng melambangkan 108 pikiran kotor yang dimiliki setiap orang.

Tidur di makam (Chili)

Warga Chile tidur di makam orang yang mereka cintai dalam perayaan tahun baru. Chili: merayakan Tahun baru di makam

Suasana ceria di tempat yang meriah dengan pesta jadi gambaran umum Perayaan Tahun Baru di seluruh dunia. Namun, di negara Chili masyarakatnya justru memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun. Mereka pergi kekuburan dengan maksud merayakan perayaan Tahun Baru keluarga dan kerabat yang telah lebih dulu meninggal dunia.Tradisi ini mengandung kepercayaan, bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.

Memakai pakaian warna merah (Italia)

Di negara asal makanan pizza, lasagna dan rissoto ini, memiliki tradisi unik merayakan tahun baru. Mengenakan pakaian dalam sebagai lambang harapan yang ingin dicapai tahun depan. Disana, Anda melihat hampir semua orang mengenakan pakaian merah di malam tahun baru sebagai tanda keberuntungan. Di negara-negara Amerika Selatan seperti Bolivia dan Venezuela, mereka mengenakan pakaian merah untuk cinta, atau kuning jika mereka berharap menjadi makmur di tahun baru.

Makan anggur pukul 00.00 (Spanyol)

Di Spanyol, masyarakat merayakan tahun baru dengan memakan buah anggur tepat jam berdentang pukul 00.00 atau tepat pada jam pergantian tahun. Bagi mereka, buah anggur lambang keberuntungan selayaknya koin. Dan, orang-orang di negara lain (Filipina) berbagi kebiasaan ini di tengah malam.

Memakai pakaian motif polkadot (Filipina)

Memakai pakaian bermotif polkadot merupakan hal lumrah di Filipina. Mereka berkeyakinan bahwa bentuk bulat seperti koin adalah pertanda baik untuk tahun depan. Mereka juga dapat mengisi kantong dengan koin atau lonceng kecil di tengah malam untuk memastikan kesejahteraan.

Melompat dari kursi (Denmark dan Filipina)

Tepat jam menunjukkan waktu dua belas malam, Anda akan melihat orang-orang Denmark melompat dari kursi sebagai lambang mereka telah sampai di tahun baru. Dan, anak-anak Filipina sering melompat dua belas kali untuk membuatnya menjadi kenyataan. Di Brasil, pengunjung pantai dapat lompat tujuh putaran sembari mengucapkan tujuh harapan di tengah malam.

Membuat suara bising

Bagi sebagian negara percaya bahwa cara terbaik untuk mengusir roh jahat adalah dengan membuat kebisingan sebanyak mungkin. Apakah itu memukul-mukul panci dan wajan, atau meniup terompet dan peluit ketika menyambut tahun baru. Anda akan terhindar dari gangguan roh jahat di tahun mendatang.

Pijakan pertama (Skotlandia dan Inggris)

Beberapa pemilik rumah mencari seseorang bertubuh tinggi dan gelap untuk menjadi orang pertama yang menyeberangi ambang batas untuk keberuntungan. Jika dia berbantal wiski, roti dan batubara, bahkan lebih baik. Untuk itu rumah akan menjadi hangat dan punya persediaan stok untuk tahun ini.

Suara ninatang (Belgia)

Di negara tetangga Belanda itu, petani di sana sering berharap hewan peliharaan selamat dan mengucapkan selamat tahun baru pada binatang kesayangan atau ternak. Kemudian, berdoa agar mereka tetap sehat dan rejeki melimpah di tahun mendatang. Di Rumania atau Hungaria, beberapa orang mencoba untuk mendengarkan binatang mereka berbicara tetapi jika mereka melakukannya, itu pertanda nasib buruk.

Menjatuhkan sesendok  whipped cream ke lantai (Swiss)

Warga berharap untuk memiliki tahun dengan rejeki melimpah dengan menjatuhkan sendok berisi whipped cream ke lantai.

Permainan mencari jodoh (Belarusia)

Selama perayaan tahun baru, perempuan yang belum menikah bermain game untuk memprediksi siapa yang akan menikah di Tahun Baru. Dalam satu pertandingan, tumpukan jagung ditempatkan di depan wanita, dan beberapa ayam jantan dilepas. Tumpukan jagung yang didekati ayam adalah tanda wanita yang akan pertama menikah di tahun depan.

Dalam pertandingan lain, seorang wanita yang sudah menikah menyembunyikan barang-barang tertentu di sekitar rumahnya untuk teman-teman yang belum menikah. Dan bagi yang menemukan roti, diduga akan menikahi seorang suami yang kaya, sedangkan orang yang menemukan cincin akan menikah dengan pria tampan.


104 Articles
Wartawan aktif di The Jakarta Post. Sedang berusaha keras merintis jualan kaos mendemciu dan kopi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.