Banyuwangi, Keindahan Wisata Alam Tiada Tara


wisata pulau menjangan open trip menjangan /tripbanyuwangi.com_

Banyuwangi, sebuah kabupaten terluas di Jawa Timur kini muncul sebagai primadona baru wisata alam. Kabupaten terdekat dengan Pulau Bali ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa; kawah dengan api biru, pantai dengan pasir putih dan air jernih dan masih banyak lagi keindahan BAnyuwangi yang dapat dieksplorasi.
Lalu, spot wisata apa saja yang bisa Anda kunjungi di Banyuwangi? Berikut daftarnya;

Pantai Plengkung, surganya peselancar dunia

Pantai Plengkung merupakan salah satu surga para peselancar lokal maupun internasional, dengan ombaknya yang pencapai ketinggian 4 hingga 8 meter, panjang ombak mencapai 2 kilometer dalam formasi tujuh gelombang tersusun.

Pantai Plengkung lebih akrab disebut dengan sebutan G-Land oleh para wisatawan. Huruf G dalam kata G-Land sendiri memiliki 3 pengertian: G yang berarti Grajagan, merupakan sebuah nama dari sebuah teluk yang memiliki ombak besar; G yang berarti Green, maksudnya adalah pantai ini masih sangat alami karena letakknya di tepi hutan tropis yang hijau; dan G yang berarti Great, hal ini mengambarkan ombak yang begitu besar dan panjang.

Kawah Ijen, dengan keajaiban api biru di malam hari

Banyak wisatawan yang jauh-jauh datang ke Banyuwangi untuk menyaksikan keindahan fenomena alam blue fire atau juga dikenal tarian api biru di Kawah Ijen.

Dini hari menjadi waktu paling baik untuk menyaksikan fenomena tarian api biru Kawah Ijen. Saat pagi menjelang, pemandangan akan berganti menjadi sunrise cantik yang terpantul di atas permukaan danau kawah.

Selain menikmati keindahan kawah, wisatawan juga dapat menyaksikan kerja para petambang belerang yang hilir mudik di sepanjang perjalanan menuju kawah.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Belakangan nama pantai ini semakin dikenal sebagai destinasi wisata favorit, berkat ikonik Pulau Merahnya yang berada di bibir pantai dengan tinggi 200 meter. Ombak Pantai Merah juga sangat cocok untuk lokasi selancar bagi surfer pemula.

Menjelang senja, Pantai Merah menyuguhkan keindahan sunset yang luar biasa. Warna kemerahan saat matahari tenggelam itulah yang memunculkan sebutan Patia Merah.

Green Bay, Indahnya tak kalah dengan Maya Bay Thailand

Green Bay atau Teluk Hijau tersembunyi di antara tebing-tebing karang dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Teluk Hijau mampu menghipnotis wisatawan dengan pemandangannya yang memukau, perpaduan pasir putih yang cantik dengan air jernihnya yang berwarna biru kehijau-hijauan.

Untuk mencapai pantai Teluk Hijau, ada dua medan berbeda yang bisa ditempuh, medan laut yang membutuhkan nyali besar karena Anda akan menghadapi ombak laut selatan yang dikenal besar, hanya dengan perahu kecil. Dan medan darat dengan jalur trekkingnya terjal dan berlumpur saat hujan.

Pantai Sukamade, untuk yang suka tantangan

Pantai Sukamade merupakan salah satu titik segitiga berlian, selain Pantai Plengkung dan Kawah Ijen sebagai destinasi wisata impian di Banyuwangi. Pantai Sukamade ini adalah bagian dari Taman Nasional Meru Betiri, yang tepatnya terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Untuk menjadi saksi bebasnya tukik-tukik mungil ke alam bebas, setidaknya kalian akan menempuh perjalanan 5-6 jam dari pusat kota Banyuwangi.Pantai ini adalah zona pemanfaatan intensif untuk pengamatan telur penyu dan pelepasan tukik. Anda juga bisa ikut serta melepaskan tukik-tukik yang sudah menetas untuk kembali ke laut.

Snorkeling di perairan Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan merupakan pulau tak berpenghuni yang terletak di selat Bali, 20 km dari pusat kota Banyuwangi. Uniknya, di Pulau tabuhan ini merupakan pertemuan arus dari selat Bali dan selat Jawa.

Untuk sampai ke Pulau Tabuhan, Anda harus menyeberang dan spot terbaik adalah melalui Pantai Kampe. Di sana, sejumlah nelayan siap mengantar Anda pergi-pulang ke Pulau Tabuhan dengan kapal bertarif 500 ribu yang bisa memuat 10 penumpang.

Di sekitar pulau ini, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang memukau dan berbagai spesies ikan. Kedalamannya mulai beberapa meter sampai belasan meter, sangat cocok untuk snorkeling dan scuba diving.

Teluk Biru Banyuwangi, spot lain pehobi snorkeling

Teluk Biru berada di Muncar Banyuwangi di balik semenanjung Sembulungan. Teluk ini masih masuk di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Masyarakat sekitar menyebut Teluk Biru dengan sebutan Senggrong. Keberadaan Teluk Biru ini menjadi alternatif snorkeling di Banyuwangi selain Pulau Tabuhan dan Pantai Bama di Baluran.

Keindahan alam bawah laut di Teluk Biru, benar-benar mempesona. Terumbu karang yang masih asri, ekosistem laut yang beraneka ragam, air laut yang masih jernih kebiru-biruan dan ah memang benar-benar surga bagi kalian yang hobi snorkeling.

Pantai Wedhi Ireng, suguhan petualangan antimainstream

Pantai Wedi Ireng berada di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai Pulau Merah, hanya sekitar 5 km saja. Jika kalian ingin berkunjung ke pantai Wedi Ireng sangat disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup, karena di pantai ini tidak ada warung sama sekali.

Selain pasirnya yang putih bercampur hitam namun bersih tersebut, air di pantai ini juga masih bening dan biru. Pantai Wedi Ireng dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi semakin indah. Bebatuan karang yang banyak terdapat di pantai Wedi Ireng juga akan membuat suasana di pantai ini benar-benar menggoda. (Baca Juga : Wisata Pantai Terindah di Indonesia, Ini Daftarnya)


105 Articles
Wartawan aktif di The Jakarta Post. Sedang berusaha keras merintis jualan kaos mendemciu dan kopi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.