Wisata Bromo, 7 Tempat yang Wajib Dikunjungi


Wisata Bromo
Matahari terbit di Bromo/Istimewa

Gunung Bromo masuk dalam salah satu unggulan wisata Bromo. Bukan hanya pariwisata Indonesia, tapi juga dunia. Dan, wisata Bromo adalah meliputi hampir semua kawasan Karst Tengger memang menyuguhkan landskap yang luar biasa indah.

Traveller bisa mengunjungi kawasan wisata Bromo dari empat jalur yang mengelilinginya, seperti Malang, L:umajang, Probolinggo, dan Pasuruan. Lantas apa saja destinasi wisata yang perlu dikunjungi saat merencanakan perjalanan ke Bromo?

Matahari Terbit

Matahari terbit di Bromo merupakan salah satu momen terindah. Tak heran jika momen ini menjadi favort para wisatawan. Betapa tidak, keindahan matahari terbit akan terlihat begitu sejak detik pertama matahari mengeluarkan semburat kuningnya.

Ada beberapa sudut untuk menyaksikan keindahan sunrise ini, yaitu Puncak Pananjakan, Bukit Cinta, Bukit Dingklik, dan Bukit Kongkog. Puncak Pananjakan merupakan tempat teringgi di antara tiga bukit lainnya sekaligus menjadi spot yang terbaik untuk menikmati matahari terbit.

Lautan Pasir

Destinasi yang wajib dikunjungi adalah lautan pasir (pasir berbisik). Anda bisa menyewa mobil hardtop. Disebut pair berbisik karena akan selalu terdengar suara angin menghempas pasir sehingga berbunyi seperti bisikan. Jangan lupa menyiapkan kacamata dan syal karena angin kencang bisa sewaktu-waktu datang.

Pasir Berbisik
Pasir Berbisik, salah satu destinasi wisata di Bromo yang wajib dikunjungi/Istimewa

Wisata Bromo Bukit Teletubbies

Nukit Teletubbies juga merupakan tempat favorit yang harus dikunjungi di Bromo.  Tempat itu menjadi ajang selfie bagi pengunjung . Bukit ini menawarkan landskap yang luar biasa indahnya. Rumput hijau  dan padang ilalang yang terhampar luas menjadikan bukit ini sangat mempesona.

Dari Bukit Teletubbies pengunjung juga bisa menyaksikan matahari terbit. Bola api raksasa akan muncul pelan-pelan dari balik bukit layaknya berada di negeri dongeng. Pengunjung bisa berfoto-foto dengan latar belakang matahari yang muncul di balik bukit.

Kawah Bromo

Kawah Bromo merupakan destinasi utama dari wisata Gunung Bromo. Perlu ketahanan fisik yang prima karena untuk menuju Kawah Bromo Anda harus mendaki. Namun jangan khawatir, destinasi ini sudah menyediakan 250 anak tangga yang mudah untuk didaki. Hanya saja, Anda harus berjalan kaki sekitar 2,5 km menyeberangi lautan pasir.  Jika tidak ingin berjalan, ada pilihan naik kuda.

Saat sore, Wisata Bromo juga menyuguhkan pemandangan tak kalah menariknya. Pengunjung bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam atau sunset di Teras Bromo. Lokasinya di kompleks resto di jalur turun arah Pasuruan, di Desa Ngadiwono, Tosari. Sambil menikmati senja, Anda bisa bisa menikmati kuliner.

Infografis Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru
Infografis Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru

Pura Luhur Poten

Wisata Bromo juga menawarkan wisata religi aau spriritual.  Salah satunya adalah Pura Luhur Poten yang berusia lebih dari 20 abad.  Konon, pura tersebut merupakan tempat tinggal Isa Sang Hyang Widhi atau Dewa Brahma. Pengunjung harus mentaati peraturan karena tempat ibadah itu masih disakralkan.

Sabana Tropis

Anda ingin melihat keindahan alam layaknya di Afrika? Wisata Bromo juga menyuguhkan pemandangan seperti itu. Sabana Tropis berupa hamparan padang rumput yang luas. Pengunjung bisa datang ke sabana dengan menggunakan mobil jip.

Upacara Kasada

Upacara Kasada di Bromo adalah peristiwayang paling banyak dinanti. Namun, upacara adat itu hanya berlangsung setahun sekali, yaitu pada bulan kasada sesuai kalender Jawa kuno. Pada upacara itu, masyarakat  suku Tengger, warga asli Bromo, menggelar serangkaian sakral. Upacara digelar pada tanggal 14-16 bulan Kasada dari tengah malam hingga pagi.

 

Baca juga:

Backpacker ke Bromo, Begini Cara Liburan Murah

Wisata Bromo dengan Angkutan Umum, Ini Jalurnya


104 Articles
Wartawan aktif di The Jakarta Post. Sedang berusaha keras merintis jualan kaos mendemciu dan kopi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.