Wisata Bromo dengan Angkutan Umum, Ini Jalurnya


Gunung Bromo /wisatabromo.com
Gunung Bromo /wisatabromo.com

Pemandangan matahari terbit atau sunrise paling indah konon ada Bromo. Kawasan wisata Bromo berada di wilayah 4 kabupaten di Jawa Timur, yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang.

Dari empat kabupaten itu masing-masing memiliki akses untuk menuju kawasan wisata Bromo. Namun, jalur yang paling banyak dipilih oleh wisatawan adalah jalur Probolinggo karena terdapat banyak penginapan dengan variasi harga yang lengkap.

Namun, jalur wisata Bromo dari Pasuruan juga bisa menjadi pilihan jika merasa jalur Probolinggo terlalu jauh. Yang jelas, ada tiga jalur yang kerap dipilih untuk menuju kawasan wisata Bromo, yaitu  jalur Pasuruan (Desa Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo), kemudian jalur Probolinggo (Desa Sukapura – Cemara Lawang – Gunung Bromo), dan jalur Malang

Ketiga jalur itulah yang selama ini banyak ditempuh para wisatawan untuk mencapai kawasan wisata Bromo, lengkap dengan  pemandangan alam yang berbeda. Ketiga kota yang merupakan pos pemberangakatan ke kawasan wisata Bromo itu tersebut  bisa ditempuh melalui perjalanan dari Surabaya.

Jalur Wisata Bromo dari Probolinggo

Dari Surabaya atau Malang ke Probolinggo Anda melewati jalan pantura. Sesampai di jalan raya Tongas, Anda akan melihat papan penunjuk arah menuju wisata Bromo -tepatnya di Rest Area Tongas. Ambil jalan ke kanan (selatan), jarak menuju ke wisata Bromo sekitar 30 km atau selama 1 jam perjalanan.

Selanjutya Anda akan sampai di daerah Sukapura yang merupakan pos persinggahan wisatawan yang akan menggunakan jasa tour bromo midnight. Di tempat ini juga terdapat  penginapan dan persewaan jeep.

Jalur Bromo dari Pasuruan

Dari Surabaya, Pasuruan ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sesampai di Pasar Ranggeh, ambil belokan ke kanan (selatan) dan lanjutkan perjalanan Anda sekitar 30 km dengan durasi 1 jam perjalanan.

Jalur Pasuruan-Bromo ini  sedikit exstrim dengan sedikit tanjakan dan tikungan tajam, namun menyuguhkan pemandangannya yang luar biasa. Berhentilah di Tosari, dan Anda  akan menemukan banyak penginapan, serta persewaan jeep yang akan mengantar Anda menuju kawasan wisata Bromo.

Jalur Bromo dari Malang

Jalur ditempuh lewat Tumpang yang dekat dengan terminal dan bandara di Malang. Dari Tumpang, Anda tinggal menyewa Jeep menempuh jalur exstrim menuju kawasan Bromo. Jalur ini biasanya banyak dipilih oleh mereka yang suka tantangan.

Malang merupakan salah satu kota paling dekat dengan wisata Gunung Bromo. Anda juga bisa mencoba menuju kawasan wisata Bromo dengan dengan transportsi umum, kira-kira waktu tempuhnya sekitar 4 jam.

Caranya, dari Stasiun Malang Anda harus ke Terminal Arjosari Malang menggunakan angkutan umum, waktunya sekitar 30 sampai 40 menit . Selanjutya dari terminal Arjosari menuju  menuju Terminal Bayu Angga, Probolinggo, membutuhkan waktu 2, 5 jam.

Dari Terminal Probolinggo, Anda naik mini bus tanggung menjuju lokasi Cemoro Lawang.  Selanjutnya dari Cemoro Lawang ke hamparan pasir di kaki Bromo jarakanya 3 hingga 4 km dengan jalan menanjak. Anda harus meyewa mobil jeep jika tyidak ingin ketinggalan sunrise di Pananjakan.

Harga sewa jeep sekitar 300 hingga 400 ribu rupiah per mobil. Namun, Anda bisa patungan dengan wisatawan lain karena satu mobil bisa mengangkut tujuh orang. Ingat, Anda harus sudah memesan mobil jeep pada malam hari.

Pemilik hotel atau penginapan akan membangunkan Anda pukul 03.00 WIB untuk berangkat melihat matahari terbit. Jangan khawatir, para sopir jeep sudah sangat mahir menyetir mobilnya di lautan pasir dalam kondisi gelap.

Daftar Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo

Wisatawan domestik: hari biasa Rp 27.500, hari libur  Rp 32.500

Wisatawan asing:  Har biasa Rp 217.500, hari libur Rp 317.500,-

 

Baca juga:

Pesona Matahari Terbit dan Kalderia Bromo

Backpacker ke Bromo, Begini Cara Liburan Murah


105 Articles
Wartawan aktif di The Jakarta Post. Sedang berusaha keras merintis jualan kaos mendemciu dan kopi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.