Wisata Rumah Atsiri, Menikmati Wewangian di Tawangmangu


Wisata Rumah Atsiri
Rumah Atsiri/Istimewa

Bangunan tua gaya Eropa itu berdiri gagah di antara ribuan tanaman atsiri, tumbuhan wewangian. Rumah Atsiri, nama bangunan itu, berada di lereng Gunung Lawu,  Desa Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Berdiri di area seluas lebih dari 2 hektar, Rumah Atsiri menjadi wisata edukasi tentang tanaman atsiri dan wewangian yang dihasilkan. Setidaknya terdapat sekitar 50 spesies dan ribuan tanaman atsiri di area ini, mulai dari sereh, kayu putih, pala, mawar, jinten, cendana, arum dalu, dan rosmarin. Tanaman terakhir ini lebih dikenal dengan sebutan rosemary, tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak.

Di kawasan Tawangmangu, Rumah  Atsiri  menjadi  satu-satunya  tempat  wisata  yang  memiliki konsep  wisata edukasi.  Sebagian besar destinasi wisata di lereng Gunung Lawu adalah wisata alam.

Selain menikmati sejuknya udara pegunungan, di tempat wisata yang baru dibuka pada Maret 2018 lalu itu pengunjung juga bisa   belajar  mengenai  sejarah  arsitektur dan sejarah  tanaman  Atsiri dengan mengunjungi museum.

Kompleks Rumah Atsiri terdapat sejumlah bangunan, yaitu Museum Atsiri, kids lab, restaurant, coffe shop, merchandise shop, taman atsiri, MICE  (meeting and conferenfence) dan wisma.

Museum Atsiri yang merupakan bangunan utama tetap mempertahankan bangunan asli. Meski demikian, bangunan tambahan seperti  restoran, kafe, wisama, dan gedung pertemuan menyesuaikan gaya bangunan lama.

Beberapa peninggalan bangunan lama pun tetap dipertahankan, seperti batu bata, mesin pencacah,dan hingga tabung kimia zaman dulu. Benda-benda berusia puluhan tahun itu dipajang di museum.

“Kami ingin menjadikan Rumah Atsiri empat wisata dengan konsep yang berbeda. Rekreasi sambil belajar itu yang menjadi fokus kami. Wisatawan tidak hanya tahu tumbuhan atsiri, tapi juga melakukan eksperimen mengolah tanaman itu menjadi wewangian,” kata General Manager Rumah Atsiri, Indrian, Selasa (12/3).

Wisata Rumah Atsiri
Tanaman wewangian di Rumah Atsiri/Istiewa

Bekas Pabrik

Rumah Atsiri merupakan bekas pabrik yang mengolah citronella (sereh) menjadi minyak wangi. Pabrik Citronella dibangun pada 1963 dan mulai beroperasi pada tahun yang sama, merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan Bulgaria.

Pada masanya, pabrik ini memproduksi minyak sereh wangi yang merupakan sumber bahan kimia wewangian seperti sitronelal, sitronelol, dan geraniol. Citronella Jawa yang disebut Java Citronella memiliki kandungan sitronelal ( 32- 45% ), geraniol ( 11- 13% ), geranyl asetat ( 3-8% ), limonene ( 1-4%). Sitronelol adalah konstituen utama senyawa sintetis yang beraroma mawar.

Brdasarkan catatan di Rumah Atsiri, Bulgaria saat itu merupakan negara yang menghasilkan 85% dari minyak mawar dunia sehingga kerja sama melalui pabrik minyak Atsiri dengan sistem bagi hasil pada masanya merupakan proyek yang saling menguntungkan.

Namun pabrik wewangian itu berhenti karena situasi politik dan ekonomi sehingga  dilikuidasi pada 4 September 1986. Pabrik kemudian diambil alih oleh PT Intan Puama Sejati, dan mulai September 2015 kepemilikan beralih ke PT Rumah Atsiri Indonesia yang kemudian menjadikan Rumah Atsiri sebagai Museum Minyak Atsiri sekaligus sebagai kawasan wisata edukasi.

“Melalui Rumah Atsiri ini, kami ingin mengenalkan tumbuhan atsiri, sekaligus proses mengolah menjadi minyak wangi. Jadi pengunjug tidak hanya menikmati udara sejuk, tapi juga membawa pulang pengetahuan ,” kata  Pemilik Rumah Atsiri, Julia Ekajati.

Workshop Membuat Wewangian

Wisata Rumah Atsiri, Menikmati Wewangian di Tawangmangu
Wisata keliling taman Rumah Atsiri/Istimewa

Julia menambahkan pengunjung di Rumah Atsiri akan diajak untuk mengikuti seluruh proses pembuatan minyak wangi, mulai dari memanen tumbuh-tumbuhan, melkukan penyulingan, hingga akhirnya menjadi minyak wangi.

Wisata edukasi itu berada di Citronella Science Lab. Menurut Julia, laboratorium ini merupakan bagian dari program edukasi minyak atsiri melalui workshop dan eksperimen sains yang bisa dipraktikkan langsung oleh pengunjung. Produk worksjop antara lain berupa bath bomb, sabun, dan minyak atsiri.

“Ada juga workshop kokedama, seni membentuk tanaman hias dari Jepang. Ini berbeda dengan bonsai yang membutuhkan waktu lama,  kokedama ini hasilnya bisa langsung dilihat,” tambah Julia.

Mengunjungi Taman Atsiri penuh dengan tetumbuhan wewangian tidak kalah menariknya. Marigold Plaza, taman yang berisi tanaman atsiri, memenjadi spot paling favorit pengunjung. Di tempat inilah mereka berfoto selfie dengan latar belakang bunga-bunga warna cerah dan mencolok, salah satunya di deretan Marigold yang berwarna kuning dan oranye.

Sebagian tanaman yang bisa langsung dirasakan aromanya, misalnya rosmarin yang wanginya sudah tercium setelah dekat. Beberapa tanaman lain harus diremas daunnya untuk mencium aromanya, seperti sereh, kayu putih, dan mawar.

“Banyak tanaman herbal di sini. Tanaman-tanaman itu bisa menjadi bahan baku jamu, masakan, dan parfum. Itu pengetahuan yang harus disebarkan. Itulah asalasan mengawa kami memakai konsep wiata edukasi,”  tambah Indrian.

Tiket masuk Rumah Atsiri

Harga tiket masuk Rumah Atsiri Rp 50.000 ribu per orang. Buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. Khusus weekend buka sampai pukul 19.00.

Anda bisa menikmati fasilitas  resto, museum, toko suvenir, theater terbuka, dan bereksperimen membuat wewangian bersama pemandu. Ada juga tur keliling taman, namun hanya khusus untuk  weekend

Untuk mengikuti tur taman sebaiknya melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke +62 812-1112-2263 atau langsung di Rumah Atsiri Indonesia setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 13.00 dan 16.00 WIB.

Google Maps Rumah Atsiri

Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Hotel di Tawangmangu

River Hill Tawangmangu

Alamat : Jln. Sekrincing, Pintu Masuk II Grojogan Sewu, Tawangmangu.

Tlpn : (0271) 696525.

Harga mulai : Rp. 250.000,-.

Nava Hotel Tawangmangu

Alamat : Jln. Grojogan Sewu Pintu II, Ngunut Lor, Tawangmangu.

Tlpn : (0271) 6901086.

Harga mulai : Rp. 500.000,-.

Pondok Indah Resort & Garden

Alamat : Jln. Lawu No.22, Kalisoro, Tawangmangu.

Tlpn : (62271) 697024.

Harga mulai : Rp. 350.000,-.

Hotel Tejomoyo

Alamat : Jln Lawu No.61, Tawangmangu.

Tlpn : (0271) 697149.

Harga mulai : Rp. 150.000,-.

Hotel Grand Bintang

Alamat : Jln. Raya Lawu, Karang Kulon Tawangmangu, Jawa Tengah.

Tlpn : (0271) 697720

Harga mulai : Rp. 260.000,-.

Hotel Pondok Asri Tawangmangu

Alamat : Jln. Lawu, Kalisoro, Karanganyar, Kalisoro.

Tlpn : (0271) 697675

Harga mulai : Rp. 300.000,-.

Jawa Dwipa Heritage Resort and Convention

Alamat : Jln. Solo, Tawangmangu Km.34, karang pandan, Solo.

Tlpn : (0271) 6980004

Harga mulai : Rp. 375.000

Hotel Bintang Tawangmangu

Alamat: Jl. Raya Lawu Bener Tawangmangu, Tawangmangu, Indonesia

Harga mulai Rp 269.000

Hotel Komajaya Komaratih

Alamat: Jl Lawu Kav 150-151, Tawangmangu, Indonesia

Harga mulai Rp 269.000

Kuliner di Tawangmangu

Soto Karang

Ini merupakan soto khas Karanganyar. Enu ini berupa tulang iga dan kuah kaldu yang gurih dan segar. Lokasinya di pusat kota Karanganyar di sekitar alun-alun di Jalan Lawu, Cangakan, Karanganyar Kota.

Google Maps

Rumah Makan Sate Landak Gunung Mas

Rumah makan ini sejak 1980 menyediakan meu sate landak. Ada juga menu ekstrim lain, yaitu sate tupai dan tongseng biawak. Alamat Jalan Raya Matesih-Tawangmangu, Nglebak, Tawangmangu, Karanganyar.

Google Maps

Ayam Tim Mbok Yem

Ayam Tim Mbok Yem merupakan rumah makan legendaris. Lokasinya berada di Karangpandan, Karanganyar.

Google Maps

Sup Buntut Bu Ugi

Warung Sup Buntut Bu Ugi sudah sangat populer. Wisatawan dijamin ketagihan dengan sup ini. Lokasi di Jalan Raya Tawangmangu, Kalisoro.

Google Maps

Rumah Teh Ndoro Donker

Tempat ini sangat recommended . Selain lokasi nyaman dan sejuk, rumah makan ini menyediakan aneka teh pilihan dengan kualitas terbaik. Makanan juga enak. Selian mencicipi teh, menu favoritnya adalah nasi goreng. Ndoro Dongker saat ini menjadi salah satu wisata kuliner terbaik.

Lokasinya di jalur menuju Candi Cetto di Kemuning, Jalan Karangpandan-Ngargoyoso, Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar.

Google Maps

Ayam Panggang Dian Rahma Karanganyar

Menu ayam panggang terbaik di wilayah Solo Raya adalah Ayam Panggang Dian Rahma.  Lokasi di Jalan RM Sahid Geneng, 6, Tegalgede, Karanganyar.

Google Maps

Sate Kambing Mbah Sadir

Inilah warung sate kambing terbaik di Karanganyar. Warung sate kambing Mbah Sadir buka sejak 1999. Lokasi di Pendem, Mojogedang, Karanganyar.

Goole Maps

Bale Branti

Tempat kuliner ini mirip dengan Ndoro Donker. Suasananya sangat Jawa, asyik dan tenang. Menu favoritnya adalah ayam tim goreng. Alamat di Jalan Kaliondo No. 1, Desa Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar (sebelum Ndoro Donker)

Google Maps

Baca juga: Wisata Solo, Kuliner, dan Penginapan Murah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


104 Articles
Wartawan aktif di The Jakarta Post. Sedang berusaha keras merintis jualan kaos mendemciu dan kopi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.